Beby Chaesara Anadila

2016年5月3日の投稿とメンバーへのコメント

Beby Chaesara Anadila   +311 47

#LetsBeBetter [36/48]

Wah udah banyak ya post-nya Beby dalam sebulan ini.

Dari yang jelas, gak jelas, puitis, sampe abtrak pun ada di post-post itu.

Jadi sejauh ini, kalian kepo gak sih sama tahap-tahap atau rahasia menulis ala Beby?

Aku bakal kasih tau tahap dan gimana caranya aku bisa membuat satu post tulisan di G+ ini.

Aku bukan penulis beneran, maksudnya sejauh ini sih aku cuma merangkai kata untuk ceritain keseharian dan hal yang nyata.
Tapi ya mau sharing aja sih bikin post ala Beby tuh gimana.

Jadi ini tahap-tahapnya,

1. Cari inspirasi
Karena aku kebiasaan nulis keseharian, jadi inspirasi aku datang dari kejadian atau hal yang aku alami. Bisa dari tugas kuliah, tentang jeketi, dari mention twitter, pertanyaan ketika tanya-jawab, dll. Biasanya akan muncul satu kata yang menggambarkan tema. Kalau aku rasa tema itu bisa aku kembangin, pasti bakal aku tulis.
Contohnya, post ini. Aku terinspirasi karena emang aku udah banyak menulis dan sering dapat komen kalau pada suka sama tulisan aku. Cie

2. Bikin kerangka cerita
Kalau udah dapet tema, biasanya aku nulis-nulis kerangka apa aja sih yang kira-kira mau aku kembangin dari tema tersebut. Contohnya ada di gambar, yaa.

3. Rangkai kata dari kerangka
Ini bagian paling seru sih. Ngerangkai kata itu penting. Aku bisa hapus beberapa kali kalau udah nulis. Banyak kalimat yang aku rasa gak cocok atau terlalu banyak ngulang.
Dan rahasia penting dari Beby ketika nulis itu adalah.. Aku gak pernah nulis langsung di aplikasi G+ nya tapi selalu nulis di notes hp. Entah lah. Udah nyaman aja. Pernah coba bikin langsung di G+ tapi kok malah ngaco nulisnya. Dan kebiasaan nulisnya harus sambil duduk senderan. Makanya kalau nulis di laptop pun akan beda rasanya. Aku kalau bikin tugas yang harus cerita biasanya nulisnya di hp dulu. Kecuali kalau tugas yang emang udah teori, baru bisa beneran di laptop 😆

4. Cek cek
Ini bagian terpenting sebelum bener-bener dipost. Cek cek!
Setelah nulis dan baca ulang di notes rasanya kurang kalau gak melakukan hal ini. Aku suka post dulu tulisanku di G+ tapi private biar aku sendiri yang bisa baca. Kenapa? Karena aku pengen tau aja tulisannya kalau udah jadi dalam bentuk G+ tuh gimana. Kadang spasinya gak enak dibaca. Atau kadang kalau aku mau nambahin efek tulisan kaya italic atau bold gitu kadang suka gagal. Jadi harus liat dulu.
Abis bikin post private itu baru deh enak dibaca ulangnya. Gak jarang juga aku bakal edit edit lagi tulisannya.


5. Tambahin foto
Nah kalau dipost G+ private itu belum ada fotonya kan. Jadi ketika di-public baru deh tambahin fotonya. Biasanya sih kalau dulu foto dan postnya akan nyambung. Tapi berhubung sekarang lagi punya target 48 post, jadi kadang suka ambil apa aja yang ada di gallery 😅

Ya begitulah tahap-tahap menulis ala Beby. Kalau jaman postingan kaya Selas48eby gitu emang pasti sesuai tahap-tahap. 48 post ini juga sih, tapi kadang buru-buru jadi ceknya gak terlalu detail. Jadi suka ada typo dikit. HEHE ✌🏻️

Nulis itu enak lho. Bisa mencurahkan isi hati dengan gaya diri sendiri. Kadang aku suka baca post atau tweet aku jaman dulu. Senyum dan heran sendiri bacanya. Kadang mikir kok aku bisa ngerangkai kata kaya gitu. Emang gimana suasana hati juga sih.

Menulis bisa membuatku lebih baik,

Kamu gimana?

#LetsBeBetter 😁

アルバム画像提供は終了しました