Nabilah Ratna Ayu Azalia

2016年6月7日の投稿とメンバーへのコメント

Nabilah Ratna Ayu Azalia   +1130 250

#Nabilifestory

Literasi Membaca

Jadi beberapa hari lalu saya dipilih dari Sekolah dan Kementrian Pendidikan Budaya untuk menjadi Duta Literasi DKI Jakarta
Nah mungkin beberapa temen-temen ada yg belum tau ya, Literasi itu apa sih?

Nah saya ingin menjelaskan nih, Literasi itu sebenernya ada beberapa macam seperti Literasi Media, Literasi Informasi, tapi disini saya dipilih menjadi Duta Literasi di bagian Literasi Membaca, nah Literasi Membaca ini adalah suatu kemampuan untuk meningkatkan Membaca dan Menulis.
Nah di Indonesia pun kegiatan Literasi Membaca ini masih sangat sedikit yg melakukan jika dibandingkan dengan Negara2 lain, apa lagi mungkin anak2 di Indonesia jaman sekarang lebih suka bermain games, gadget dan menonton tv dibanding kan membaca buku.

Tapi sejak beberapa tahun ke belakang dan sampai sekarang gerakan Literasi Membaca sudah di terapkan di beberapa sekolah di Indonesia,sekolah temen2 pun juga pasti sudah ya? Sekolah saya pun juga begitu. Membiasakan murid nya untuk membaca tiap 15 menit perhari dan membuat karya tulis perkelas dan buku tersebut disumbangkan ke perpustakaan sekolah kegiatan seperti ini sangat bagus karna membangun motivasi siswa untuk lebih semangat untuk membaca.

Saya paham mungkin anak seusia saya lebih suka bermain gadget dan males membaca buku, tapi sebenernya buku itu bisa memberikan motivasi untuk diri kita menjadi lebih baik dan berguna untuk lingkungan di sekitar kita, kalau kita tidak merubah kebiasaan dari sekarang, kapan lagi? :)

Ayo biaskan membaca dari buku-buku yg kalian suka jadi yang tadinya kalian tidak suka membaca tp karna kalian membaca buku yg kalian suka, kalian jadi rajin membaca.
Saya juga dulu tidak terlalu suka membaca buku, tapi karna saya suka buku-buku tentang motivasi kehidupan akhirnya saya jadi rajin membaca, ya meskipun tidak terlalu lama tetapi membiasakan seperti 10-15 menit setiap hari :)

Literasi Membaca ini bukan hanya untuk meningkatkan anak untuk menjadi gemar membaca saja, tetapi dari kegiatan Literasi ini membuat kita mampu mengembangkan karya tulis kita yg bisa kita perlihatkan.
Contoh, membuat cerpen, novel, dll.

Dengan membaca buku kita bisa lebih mengetahui jengkal dunia mana pun meski belum menjejaknya. Karena buku adalah Jendela Dunia

Kita generasi muda, kita penerus Bangsa.
Ayo generasi muda, kita buktikan kepada Bangsa Indonesia bahwa kita mampu menjadi generasi muda yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara untuk memajukan dan mengembangkan Literasi Membaca/ Gemar Membaca.



Ini foto dan video ketika saya dikukuhkan menjadi Duta Literasi DKI Jakarta bersama Bpk. Sopan Adrianto (Kepala Dinas Pendidikan Jakarta) & Prof. Dr. Asep Saefuddin, M.sc. (Rektor Universitas Trilogi & Guru Besar Statistitika IPB)


Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat untuk kalian. 😊

Nabilah Ratna Ayu Azalia (Duta Literasi DKI Jakarta)


アルバム画像提供は終了しました
  1. Nabilah Ratna Ayu Azalia   +12

    Iya Alhamdulillah aku bisa dapet kepercayaan ini :) InshaAllah aku jalanin sebaik mungkin..
    Dari sini semoga bisa membentuk pribadi aku yg lebih baik lagi karna menjadi contoh untuk Bangsa Indonesia :)
    Terima kasih juga ya untuk dukungan kalian yang ga pernah pudar untuk aku.

  2. Nabilah Ratna Ayu Azalia   +17

    Segala sesuatu itu berat, dan gaada yg mudah. Kalo kita yakin dan mau berusaha semua gaada yg berat :) inshaAllah aku yakin kalo kita mau berusaha dan terus berdoa Allah akan memberikan jalan kemudahan untuk kita. Aamiin :)

  3. Nabilah Ratna Ayu Azalia   +12

    Haha pada bingung ya aku baku banget ngomong nya..
    Semua kata kata ini yg muncul dipikiran aku semua ko dan ada yg aku kutipkan katakata dari Guru Besar IPB setelah berbincang2 jadi ya aku gabisa ngegunain kebiasaan aku yg gesrek juga dalam postingan2 yang menyangkut tentang pendidikan karna inshaAllah harus bisa menjadi contoh untuk masyarakat😉